Dikukuhkan Cak Imin, Satgas TKI PKB Bakal Langsung Bertugas


Satuan Tugas Tenaga Kerja Indonesia PKB pada Selasa (28/2/2017), dikukuhkan di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat. Pengukuhan itu langsung dilakukan oleh Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Hal itu sendiri digelar untuk menjawab berbagai persoalan yang selama ini membelit para TKI yang bekerja di berbagai negara di dunia. “TKI selama ini harus meregang nyawa di perairan Malaka, karena kapal yang mereka tumpangi karam. Selama November 2016-Januari 2017 sudah 104 korban tewas. Jadi Satgas ini memiliki tugas penting, tanggung jawab sebagai anak bangsa. Sebagai komitmen kebangaan,” katanya di kantor DPP PKB Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2017).

Menurutnya, Satgas TKI PKB yang dipimpin Nihayah Wafiroh memiliki tugas penting, untuk merespons dengan cepat berbagai kondisi yang terjadi terhadap TKI. Karena itu, begitu dibentuk Satgas akan langsung bertugas.

Misalnya saja dengan mendirikan posko-posko di lokasi yang rawan penyelundupan TKI yang tidak berdokumen. Kemudian bersama pihak terkait, baik itu kepoliain dan imigrasi, satgas akan bertindak cepat dan tegas dalam mencegah para calo yang hendak memberangkatkan TKI tak berdokumen ke luar negeri.

“Satgas akan membuat posko di sembilan titik keberangkatan TKI, di perairan Kepulauan Seribu sampai ke Malaysia. Jadi satgas memiliki tugas untuk mencegah, menyiapkan dan mengawasi. Tim akan membantu para calon TKI memeroleh informasi yang lengkap, terkait prosedur pemberangkatan yang legal dan mencegah pemberangkatan ilegal,” tutur pria yang akrab disapa Cak Imin itu.

Tak hanya itu, imbuhnya, satgas nantinya juga akan mendorong pemangku kebijakan di Kepulauan Riau, untuk merumuskan kebijakan dan program strategis. Dalam upaya mencegah penyelundupan TKI tak berdokumen, melalui jalur-jalur resmi maupun jalur ilegal.

 

http://m.metrotvnews.com/read/2017/02/28/664736/cak-imin-kukuhkan-satgas-tki-pkb

http://riaupos.co/143130-berita-dikukuhkan-cak-imin-satgas-tki-pkb-bakal-langsung-bertugas.html#.WLzTX_nyiUl

http://m.jpnn.com/news/pkb-bentuk-satgas-tki-ini-tugasnya

http://fajar.co.id/2017/02/28/ini-tugas-satgas-tki-yang-dibentuk-pkb/

http://www.jurnas.com/mobile/artikel/14375/PKB-Bentuk-Satgas-TKI/

https://m.detik.com/news/foto-news/d-3434331/pkb-bentuk-satgas-tki

http://www.aktual.com/pembentukan-satgas-tki-pkb/

http://m.antaranews.com/berita/615156/pkb-bentuk-satgas-bantu-pemerintah-tangani-tki-ilegal

http://www.gatra.com/nusantara/nasional/246627-pkb-bentuk-satgas-pengawasan-tki

http://www.sindobatam.com/metropolitan/pkb-bentuk-satgas-tki-di-kepri/

http://akuratnews.com/cegah-penyeludupan-manusia-pkb-bentuk-satgas-tki/

http://riaupos.co/143130-berita-dikukuhkan-cak-imin-satgas-tki-pkb-bakal-langsung-bertugas.html

http://m.liputan6.com/photo/news/pembentukan-satgas-tki-pkb-2871405




Nihayatul Wafiroh

Adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo). Saat ini juga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat PKB. Aktif dalam Kaukus Perempuan Parlemen RI sebagai Wakil Sekretaris.